Jumat, 27 Februari 2015

Wisata Padang

Sumatera Barat bulan Desember 2014 lalu,
Sumatera Barat itu emang sesuatu banget sih yah… Terutama wisata alamnya. Jadi selain liburan,  Soalnya, banyak banget tempat-tempat yang bikin kita tertahan napasnya karena kagum  bagusnya.
Nah, saya ceritakan tempat-tempat yang saya datangi


1. Pantai Air Manis dan Jembatan Siti Nurbaya — Padang
Perjalanan kami mulai dari Padang. Tentu saja hal ini karena Bandara Minangkabau letaknya dekat dengan Padang (secara administratif, bandara bukan terletak di Padang loh, tapi di Ketaping yang sudah masuk kabupaten Pariaman). Setelah sarapan, kami segera menuju destinasi pertama yaitu Pantai Air Manis. Pantai ini terkenal karena satu objek yang melegenda membahana, apa ituuu? Yak benar, Malin Kundang.
Pantai Air Manis
Pantai Air Manis
Jadi, jaman dahulu kala itu diceritakan Malin Kundang dan ibunya ya hidup di daerah situ, di dekat Pantai Air Manis. Dan karena Malin Kundang durhaka, akhirnya ia dikutuk jadi batu. Batu itulah yang menjadi tujuan wisata para pelancong. Batu Malin Kundang yang letaknya di pesisir Pantai Air Manis. Setau saya sih, batu yang asli sudah rusak dan pada akhirnya pemerintah membuat replika seperti aslinya, yakni sebuah batu yang berbentuk seperti orang yang tertelungkup.
Batu Malin Kundang
Batu Malin Kundang
Sayangnya, walaupun punya objek yang dicari-cari wisatawan, pantai ini menurut saya kurang bisa memberdayakan potensinya yang lain. Sehingga, banyak wisatawan yang ke pantai ini hanya untuk cari Batu Malin Kundang thok. Gak ngapa-ngapain lagi. Soalnya, pantainya juga gak bersih-bersih amat, fasilitasnya juga kurang memadai (misalnya jembatannya yang kemarin reyot nyaris roboh heuheuheu).
Tidak berlama-lama di Pantai Air Manis, kami segera menuju Jembatan Siti Nurbaya. Tau kan kisah Siti Nurbaya? Itu loh, kisah yang diambil dari novel Marah Rusli tentang kasih yang tak sampai antara Siti Nurbaya dengan Syamsul Bahri karena terhalang oleh Datuk Maringgih.  Nah, jembatan sepanjang 60 meter ini berdiri gagah di atas Muara Batang Arau, menghubungkan kota Padang dengan Taman Siti Nurbaya. Sebenernya, paling enak ke jembatan ini kalo sore menjelang malem gitu. Banyak tukang jualan makanan di sekitarnya, dan bisa nikmatin sunset. Aih sedap.
Jembatan Siti Nurbaya
Jembatan Siti Nurbaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar